Sejarah Kampung Pelangi Semarang

Ada yang baru di kota Semarang. Kampung Pelangi namanya. Sekilas terdengar seperti yang ada di Malang memang. Kampung Pelangi di Semarang ini tepatnya berlokasi di Jl.Dr. Sutomo IV No.89, Randusari, Semarang Selatan, Jawa Tengah. Tepat didepan Kampung Pelangi ini terdapat sederetan toko bunga.

Awalnya pemerintah daerah setempat ingin memperbaiki jajaran toko bunga ini untuk menarik wisatawan. Namun setelah proyek selesai terlihat latar belakang dari toko bunga yang indah ini berupa pemukiman kumuh. Akhirnya dengan tujuan semula ingin menarik wisatawan, pemerintah daerah setempat pun ikut memperbaiki pemukiman kumuh ini.

Pemukiman kumuh ini sebenarnya berdiri diatas lahan pemakaman umum dan dijadikan pemukiman ilegal oleh warganya. Karena dengan tujuan untuk menarik wisatawan, kini kampung kumuh diubah menjadi Kampung Pelangi. Setelah resmi dijadikan kampung wisata, menurut warga pemerintah daerah setempat akan memberikan sertifikat resmi kepemilikan lahan. Ada sekitar 300 rumah yang mengisi lahan ini. Seluruh bangunan, jalan, fasilitas dan hiasan diberi cat warna warni seperti pelangi. Puncak dari Kampung Pelangi ini sendiri tetap mempertahankan lahan aslinya yang berupa Pemakaman Umum yang dinamakan Taman Bahagia.

Published by Arlindya

I'm shy & quite, but think lover. Simple but elegant. Sometimes think to much & forget to walk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: